Lisrik... Dari Mana Yah ?


 
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatu

Salam Santun untuk seluruh Readers,

Pada kesempatan kali ini, Author akan membahas sedikit mengenai pembangkit listrik, namun mengingat basic Author bukan dari bidang kelistrikan, maka pembahasan pada artikel ini akan Author buat segeneral mungkin agar dapat dipahami bersama.


Teman-teman pasti sudah tidak asing dengan barang-barang elektronik khususnya yang sering digunakan sehari-hari, contohnya perangkat (device) yang teman-teman sedang gunakan untuk membaca artikel ini. 

Mau charge handphone, mesti pakai listrik. Mau masak nasi pakai Rice cooker, mesti pakai listrik.   Bahkan sekarang sudah dirilis Mobil yang menggunakan listrik sebagai sumber tenaga utamanya.

Hebatnya lagi, diprediksikan kebutuhan listrik Indonesia pada tahun 2024 akan meroket ke angka 74.536 TMW (web.kominfo.go.id) 

"Orang tak dapat hidup tanpa listrik" Begitulah kira-kira kalimat lebay yang dapat menggambarkan kehidupan manusia di jaman yang "kelewat" modern ini.

https://learntomove.files.wordpress.com/2013/06/pltu-suralaya1.jpg
Teman-teman juga pasti sudah tahu kalau Listrik itu dihasilkan atau disupply oleh Pemangkit Listrik yang letaknya dekat maupun jauh dari tempat tinggal teman-teman. 

Ada banyak jenis-jenis pembangkit listrik yang ada di dunia ini, namun pada umumna masyarakat awam hanya familiar dengan PLTU (Pembangkit Listrik Tenaga Uap) dan PLTA (Pembangkit Listrik Tenaga Air). 

Lalu apa saja jenis-jenis Pembangkit Listrik yang lain ?


1.     PLTA
Pembangkit listrik tenaga air (PLTA) adalah pembangkit yang mengandalkan energi potensial dan kinetik dari air untuk menghasilkan energi listrik. Energi listrik yang dibangkitkan ini biasa disebut sebagai hidroelektrik.

Bentuk utama dari pembangkit listrik jenis ini adalah generator yang dihubungkan ke turbin yang digerakkan oleh tenaga kinetik dari air. Namun, secara luas, pembangkit listrik tenaga air tidak hanya terbatas pada air dari sebuah waduk atau air terjun, melainkan juga meliputi pembangkit listrik yang menggunakan tenaga air dalam bentuk lain seperti tenaga ombak. Hidroelektrisitas adalah sumber energi terbarukan.


2.     PLTU 
Pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) adalah pembangkit yang mengandalkan energi kinetik dari uap untuk menghasilkan energi listrik.

Bentuk utama dari pembangkit listrik jenis ini adalah Generator yang dihubungkan ke turbin yang digerakkan oleh tenaga kinetik dari uap panas/kering. Pembangkit listrik tenaga uap menggunakan berbagai macam bahan bakar terutama batu bara dan minyak bakar serta MFO untuk start up awal. Salah satu PLTU terbesar adalah PLTU Paiton, Probolinggo, Jawa timur.


3.     PLTG
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhxYHAbA2rOF4kkaBwrpkEqWcveqr-0QXsJl92mTMNPiBl9p2RHzbcVn4k1EZUokcFRWiQLFLXeTkSYV75-zPEPZkoJ5OELVTQj-DL64WkBzVH6d95KUGkqDLwRJDe3AHLuYouh6Zy2Zsg/s1600/pltg-bta.png
Pembangkit listrik tenaga gas (PLTG) merupakan sebuah pembangkit energi listrik yang menggunakan peralatan/mesin turbin gas sebagai penggerak generatornya. Turbin gas dirancang dan dibuat dengan prinsip kerja yang sederhana dimana energi panas yang dihasilkan dari proses pembakaran bahan bakar diubah menjadi energi mekanis dan selanjutnya diubah menjadi energi listrik atau energi lainnya sesuai dengan kebutuhannya.


4.     PLTGU
Pembangkit Listrik Tenaga Gas dan Uap (PLTGU) adalah gabungan antara PLTG dengan PLTU, dimana panas dari gas buang dari PLTG digunakan untuk menghasilkan uap yang digunakan sebagai fluida kerja di PLTU. Dan bagian yang digunakan untuk menghasilkan uap tersebut adalah HRSG (Heat Recovery Steam Generator). 


5.     PLTP 
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgEh0feoKe4m-UW9S2HhY24cMek7mYAui-MBbycqTcTmiIjnvR-7zC2auFTnYSy3oKbgpcG_ArsOuRXZa-wHreZbDn9fUGPK_5W7CwWgl-QAYuLXFmOrmfU-KOPSLJhPbX3Bk_ZtT-OXQgD/s1600/Untitled-3.jpg










Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi atau PLTP adalah pembangkit listrik yang menggunakan panas bumi (geothermal) sebagai sumber energinya. Karena menggunakan geothermal atau panas bumi, pembangkit ini termasuk salah satu sumber energi terbarukan.

Indonesia diperkirakan menyimpan hingga 28,9 ribu MW listrik dari energi panas bumi. Hal ini menurut data PT Pertamina Geothermal Energy, setara dengan 40% dari seluruh potensi panas bumi di dunia. Namun sayangnya, dari potensi tersebut hingga sekarang baru kurang dari 5 persen saja yang telah dimanfaatkan. Jumlah dan produksi energi dari Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi di Indonesia tidak sebanding dengan potensi geothermal yang dimiliki.


6.     PLTN
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEifeiwXQJFvig2aQxd1SDerfVyBm_nJTM4czeJbypN-Mx7Hr3xDVSTpcfwZgxiHlxe5D7_5aAZcb-dFTViwoaEcvAIQkZqUhAIFakNA6hyphenhyphenxM2kzQHO_UeAw1MRF_96XobVQr9_064Za-nc/s1600/faq_pltn_02.jpg
Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) adalah stasiun pembangkit listrik thermal di mana panas yang dihasilkan diperoleh dari satu atau lebih reaktor nuklir pembangkit listrik.

PLTN termasuk dalam pembangkit daya base load, yang dapat bekerja dengan baik ketika daya keluarannya konstan (meskipun boiling water reactor dapat turun hingga setengah dayanya ketika malam hari). Daya yang dibangkitkan per unit pembangkit berkisar dari 40 MWe hingga 1000 MWe. Unit baru yang sedang dibangun pada tahun 2005 mempunyai daya 600-1200 MWe.

Hingga saat ini, terdapat 442 PLTN berlisensi di dunia dengan 441 diantaranya beroperasi di 31 negara yang berbeda. Keseluruhan reaktor tersebut menyuplai 17% daya listrik dunia.


Namun sayang, dengan seluruh kelebihannya Indonesia sendiri belum memiliki satu pun unit PLTN.

Nah, itu lah beberapa jenis-jenis Power Plant (Pemangkit) yang merupakan produsen utama listrik yang kita gunakan setiap hari.

Sekarang teman-teman sudah bisa menentukan sendiri dari mana/ jenis pembangkit apa yang ada di sekitar tempat tinggal teman-teman.



https://www.keluargasamawa.com/wp-content/uploads/2015/07/Hemat-Listrik.jpg 

Walaupun jumlah pembangkit listrik di Indonesia sangat banyak, namun kita harus tetap ingat akan pentingnya menghemat listrik dengan segala manfaatnya.

Orang Keren Itu, Yang Hemat Listrik….


Referensi ;


Komentar

  1. widih, mantap article nya kang :D
    saran, bisa masukin juga sumber listrik negara kincir dan photocell, biar makin concret article nya :D

    jangan lupa mampir juga di monsterex21.blogspot.com :D

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gula, Si Manis Sumber Masalah

BUTUHKAH INDONESIA DENGAN PLTN ?

Logam Terkuat di Muka Bumi