Logam Terkuat di Muka Bumi



 
    Salam keilmuan, teman teman sudah  nonton The Avengers : Age of  Ultron ? Dalam film tersebut dikatakan bahawa logam terkuat di muka bumi terletak di Benua Hitam tepatnya di negara Afrika Selatan. logam terkuat tersebut dinamakan Vibranium. Apakah Vibranium benar-benar nyata dan eksis di muka bumi ini ? Jawabannya “Tidak”.

          
  Vibranium merupakan logam fiksi yang muncul di komik yang dipublikasikan oleh Marvel. Logam ini digunakan sebagai bahan baku untuk membuat tameng milik Captain America (Wikipedia, 2015a)

                Selain itu, dalam cerita The Avengers : Age of Ultron, logam ini juga digunakan oleh Ultron sbagai materi utama pembuatan tubuh bio-organik nya. Logam ini diperoleh dari seorang pedagang gelap yang berlokasi di Wakanda (Kota fiksi dalam film the Avengers)
           
Lalu apa sebenarnya jenis logam terkuat di muka bumi ini ?

Sampai saat ini, jenis logam terkuat di bumi masih diperdebatkan oleh para ilmuan Predikat Logam Terkuat ditinjau dari kerapatan molekul, kekuatan tarik, dan ketahanan terhadap korosi.
Berdasarkan artikel yang dipublikasikan oleh Teknoku Blog, terdapat 3 buah jenis logam yang menjadi nominasi logam terkuat di Bumi.

1.      Tungsten/Wolfram (W)

Logam dengan warna abu-abu, Tungsten biasanya terdapat dalam bentuk campuran yang terdapat dalam beberapa elemen kimia. Tungsten memiliki kepadatan sangat tinggi  dan 19,3 kali lebih padat daripada air dan 71% lebih padat daripada timah, dan sedikit memiliki kepadatan diatas uranium. Karena kepadatan yang sangat tinggi, maka material logam ini sangat keras. Kekurangan dari logam ini adalah bersifat brittle (rapuh). Logam ini sering digunakan sebagai alloy (panduan) pada logam.

2.      Osmium (Os)

Osmium merupakan logam transisi, logam ini dianggap sebagai salah satu logam terpadat yang terdapat dia alam. Osmium memiliki kepadatan 2 kali lebih besar dari timah, dengan densitas sebesar 22,59 g/cm3. Sifat dari logam ini kurang lebih sama dengan sifat logam Tungsten dimana memiliki kepadatan tinggi, kekerasan tinggi, dan titik lebur yang tinggi pula.

3.      Titanium (Ti)

Logam ini memiliki kepadatan yang lebih rendah daripada tugsten dan osmium. Namun logam Titanium merupakan logam yang memiliki kekuatan tinggi, kelenturan tinggi, tahan terhadap kororsi, dan memiliki titik lebur tinggi hingga 1650°C atau 1923K. Logam ini memiliki kekuatan tarik hingga 63.000 psi.

Salah satu karakteristik Titanium yang paling dikenal adalah dia sama kuat dengan baj tapi hanya 60% dari berat baja. Kekuatan lelah yang lebih tinggi daripada logam paduan aluminium.  Tahan terhadap suhu tinggi. Dengan rasio berat-kekuatan yang lebih rendah daripada alumnium maka komponen-komponen yang terbuat dari titanium membutuhkan ruang yang lebih sedikit disbanding aluminium. (Wikipedia, 2015b)


Jadi, menurut teman-teman logam jenis apa yang terkuat di Bumi ? ? (^_^)

Komentar

  1. Vibranium berasal dari wakanda,bukan Afrika Selatan

    BalasHapus
  2. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    BalasHapus
  3. makasih gan infonya dan semoga bermanfaat

    BalasHapus
  4. mantap bos artikelnya dan sangat menarik

    BalasHapus
  5. terimakasih sobinfonya dan sangat bagus sekali

    BalasHapus
  6. Adamantium gmana? real or not?

    BalasHapus
  7. Armor nya Iron-man dari Titanium ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa bro ,perpaduan emas dan titanium

      Hapus
    2. Setau tutor, untuk armor armor di film awal seperti MK1 bahannya dari titanium gan, semakin ke sini baru semakin canggih, terakhir pake Nanotech

      Hapus
  8. New player bonuses - DMC Casino
    The 과천 출장안마 latest slot games in the iGaming industry, and they include slots that 강릉 출장마사지 are playable with Real 경주 출장마사지 Time Gaming, 파주 출장샵 a company that owns NetEnt, ‎Slot Games 광주 출장샵 · ‎RTP · ‎Payment Methods

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gula, Si Manis Sumber Masalah

BUTUHKAH INDONESIA DENGAN PLTN ?