Ayo Ke Lombok

Tanjung A'an, Kabupaten Lombok Tengah

Siapa yang tidak tahu dengan Pulau Lombok ?. Pulau yang memiliki julukan “Pulau 1000 Masjid” ini merupakan salah satu destinasi wisata terpopuler di Indonesia maupun di Dunia. Pulau yang dianugrahi pesona alam yang luar biasa indah nan menawan. Yang setiap orang punya mimpi untuk dapat menginjakkan kaki di atas nya dan menikmati keistimewaannya.

 
Rumah dan Pakaian Adat Suku Sasak

Penulis saat ini sedang ditugaskan dan menetap di Pulau Lombok, Tepatnya di kota Mataram. Delapan bulan bukanlah waktu yang cukup untuk memahami karakter pulau ini. Sedikit banyak Penulis sudah  paham dengan Pulau Lombok ini, mulai dari karakter penduduknya hingga beberapa tempat wisatanya.

Adakah kota besar di Lombok ? Tentu saja. Kota Mataram, Ibukota Provinsi Nusa Tenggara Barat. Kota Mataram merupakan Kota yang cukup kecil namun tidak kalah megahnya dengan Kota Surabaya, Makassar, Maupun Jakarta. Di Mataram kita tidak akan dapat menemukan yang namanya Angkot, yang ada hanya angkutan umum antara Kabupaten. Efeknya lalu lintas di Kota Mataram lancar merayap (hahah). Umumnya Masyarakat menggunakan kendaraan pribadi, taksi, bahkan masih memanfaatkan kendaraan tradisional bernama Cidomo (Bendi).
https://celotehnisa.files.wordpress.com/2013/09/img_0296-edit.jpg
Cidomo (Sumber Gambar : celotehnisa.files.wordpress.com


http://www.thelombokguide.com/images/places_to_visit/WP_20151017_21_48_38_Panorama.jpg
Lombok Epicentrum Mall, Mataram (Sumber Gambar : thelombokguide.com)
Penduduk Pulau Lombok mayoritas berasal dari Suku Sasak,  yang merupakan penduduk asli pulau Lombok.  Penduduknya berkulit sawo matang dan bermuka khas keturunan Melayu, Parasnya kurang lebih mirip dengan orang Bali, Jawa, maupun Sulawesi.  Mayoritas Penduduk Lombok beragama Islam, sisanya kebanyakan beragama Hindu dan Kristen.  Orang Lombok sangat ramah khususnya kepada para pendatang , itulah yang penulis rasakan selama ini. Tidak ada hijab antara penduduk aseli dan para pendatang, tidak heran kalau orang asing saja senang menetap di Lombok. Penulis sendiri sangat senang dengan lingkungan disini dan sudah menganggap Lombok sebagai rumah kedua setelah Kota Makassar,   
 Islamic Center Lombok, Mataram City.
Kita lanjut ke spot pariwisatanya. Ada beberapa tempat wisata di Pulau Lombok yang sudah pernah Penulis Kunjungi, diantaranya Pantai Kuta Lombok, Tanjung Aan, Gili Kondo, Gili Bidari, Gili Pasir, Pantai Senggigi, dan Pantai Gading. Masih banyak lagi tempat wisata yang belum penulis sebut dan belum dikunjungi, beberapa diantaranya adalah yang paling populer yaitu, Gili Trawangan dan Gunung Rinajni. Lombok adalah Surganya para pecinta Snorkeling, Diving, dan Climbing.

 
Pantai Kuta, Kabupaten Lombok Tengah


 
Pantai Senggigi,  Kabupaten Lombok Barat

 
 Pantai Senggigi,  Kabupaten Lombok Barat

Pantai Senggigi,  Kabupaten Lombok Barat

 
 Gili Kondo
Apa yang penulis sajikan hanyalah sebagian kecil dari pesona Pulau Lombok. Datang dan nimati sendiri keindahan Pulau Lombok.

Lombok, tempat yang indah dan menawan, dengan penduduk yang ramah dan rupawan.

Ayo Ke Lombok….

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gula, Si Manis Sumber Masalah

BUTUHKAH INDONESIA DENGAN PLTN ?

Logam Terkuat di Muka Bumi