Mahkluk Laut Berbahaya

https://i.ytimg.com/vi/6tZr8WlH6xI/maxresdefault.jpg 

Jangan panik, gambar diatas hanya merupakan ilustrasi betapa berbahayanya dunia bawah laut yang hingga kini menyimpan berbagai macam misteri.Terdapat beribu-ribu bahkan berjuta-juta spesies bawah laut yang kita sebagai masyarakat awam tidak megetahui dan tidak mengenalinya, mulai dari bentuk, jenis, dan tingkat bahayanya.

Oleh karena itu, melalui artikel kali ini, penulis akan coba memperkenalkan beberapa spesies laut paling berbahaya yang telah ditemukan;

1. Karang Api
http://e08595.medialib.glogster.com/murhelen/media/62/62e774f718d1aa335c52035d8ce1b9fe900807ec/3510023160-d9ee125337.jpg
Boleh dilihat, Tapi jangan disentuh.  Mereka adalah alasan mengapa penyelam menggunakan sarung tangan. Spesies ini dapat memberikan sengatan listrik melalui tentakel mereka. efek yang ditimbulkan dapat bervariasi mulai dari iritasi ringan sampai sakit parah dan kadang-kadang dapat menyebabkan mual dan muntah.


2.Lion Fish 
http://cdn.phys.org/newman/gfx/news/hires/2015/lionfishstud.jpg 
Ikannya cantik yah readers, tapi tahan dulu, jangan dekat-dekat dengan si cantik yang satu ini. kalau kena duri di badannya akan berakibat fatal hingga dapat menyebabkan kematian.


3.Ular Laut
http://www.chaloklum-diving.com/wp-content/blogs.dir/5/files/banded-sea-snake-laticauda-colubrina/sea-snake-banded-4.jpg 
Ular laut dapat ditemukan di Samudra Hindia dan Samudra Pasifik. Mereka bisa mencapai panjang maksimum hingga 4 sampai 5 kaki,  dan untuk beberapa spesies bisa mencapai panjang hingga 10 kaki. Ular laut bukan binatang agresif namun karena jumlah racun dan sifatnya mematikan, mereka dikategorikan sebagai mahkluk laut paling berbahaya. 


4. Ikan Pari
 http://nuscimag.com/wp-content/uploads/2014/03/stingrays-wallpaper-stingray-wallpapers-1080x675.jpg 
Ikan pari adalah salah satu makhluk laut yang pasif dan hampir tidak pernah menyerang. Mayoritas insiden ikan pari terjadi ketika penyelam dan perenang sengaja menginjak mereka, sehingga memicu ikan pari untuk mempertahankan diri. Ada beberapa spesies ikan pari yang bisa berakibat fatal. Lebih baik perhatikan langkah Anda saat Anda menyelam/berenang.


5.  Hiu Harimau
http://img2.timeinc.net/people/i/2014/news/141117/tiger-shark-1024.jpg .
Berkat film '' Jaws '', kita bisa lebih mengetahui keluarga hiu berbahaya di bumi ini. Salah satunya dikenal sebagai harimau laut, hiu harimau adalah macropredator relatif besar, mampu mencapai panjang lebih dari 5 meter. Hiu ini adalah predator yang mangincar berbagai macam jenis mangsa, mulai dari krustasea, ikan, anjing laut, burung, cumi-cumi, kura-kura, dan ular laut; untuk lumba-lumba dan hiu kecil bahkan lainnya. Jadi pada dasarnya mereka bisa makan manusia juga. ihhhhh. Seremmmmm.


 6. Hiu Putih
http://oceanlink.island.net/biodiversity/shark/Great-White-Shark.jpg 
Predator ini mungkin sudah menjadi nominator tetap dalam daftar hewan paling berbahaya di dunia. Sifat dari Great White sering disalahpahami, Hiu Putih tidak keluar dari sarang untuk setiap manusia yang sedang menyelam ke dalam air. Hiu Putih cenderung menyerang manusia ketika mereka berburu makanan, itu tidak lebih dari naluri dasar. Jadi temuilah mereka saat perut mereka telah terisi penuh. Apakah Readers berani ?


7.Ikan Batu
http://www.leisurepro.com/blog/wp-content/uploads/2011/03/stonefihs2.jpg
Ikan dengan penampilan menarik, meskipun memiliki ukuran kecil (sampai dengan 12 inci), namun si kecil ini dianggap sebagai ikan yang paling berbisa di seantero jagat laut. Ahli dalam bidang kamuflase dan tersembunyi di antara batu-batu di bawah air, membuatnya semakin berbahaya.Hati-hati dengan sirip ikan ini yang cukup tajam untuk menembus sepatu Readers. 


8. Gurita Cincin Biru

http://www.buzcall.com/images/xotik-pacific-blue-ringed-octopus-4.jpg
Kecil-kecil cabe rawit, itulah gurita cincin biru. Tumbuh tidak lebih dari 8 inci namun memiliki racun mematikan. Mahkluk ini memakan kepiting kecil dan udang, namun juga memiliki cukup racun untuk membunuh manusia. Bahkan, mereka memiliki cukup racun untuk membunuh hampir 30 manusia dalam hitungan menit. Dengan kata lain, racun yang dimiliki  10.000 kali lebih kuat daripada sianida.


Demikianlah beberapa dari sekian banyak mahkluk berbahaya yang terdapat di laut lepas. Berhati-hatilah jika kelak bertemu mereka atau mungkin lebih baik jika tidak bertemu mereka. Seberacun apapun mereka, kita tetap harus menjaga ekosistem dan kelangsungan hidup mereka karena mereka juga merupakan mahkluk ciptaan Allah. 

Sayangi diri, Sayangi keluarga, Sayangi lingkungan

Referensi : themost10.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gula, Si Manis Sumber Masalah

BUTUHKAH INDONESIA DENGAN PLTN ?

Logam Terkuat di Muka Bumi