Tipe-Tipe Robot Berdasarkan Penggunaannya (Type Of Robots by Application)



http://vinylmationkingdom.com/wp-content/uploads/2014/05/big-hero-6.jpg
Teknologi di dunia ini semakin hari semakin maju. Teknologi saat ini sangat berguna dalam menunjang kehidupan sehari hari manusia. Apa yang hanya menjadi hayalan di masa lampau, hari ini sudah banyak yang terealisasi menjadi sebuah kenyataan. 

 http://cdn.playbuzz.com/cdn/6743063e-519e-4d17-866e-e0e07a455a0e/6bd6cd21-da18-49e0-b779-0d09695f866c.jpg

Robot, adalah salah satu aspek yang tidak terpisahkan dari teknologi. Semakin canggih dan hebat robot yang dihasilkan akan menggambarkan seberapa maju zaman saat robot tersebut diproduksi tersebut. Tidak menutup kemungkinan suatu saat dunia benar benar ini akan menjelma menjadi Bumi yang digambarkan oleh film “Terminator” ataupun “BigHero 6”, dimana robot punya pikiran dan kemauan sendiri serta hidup berdampingan dengan manusia pada umumnya. 
 
Berikut penulis sajikan 6 tipe robot yang dapat membantu manusia dalam menjalankan kehidupan sehari hari ;


1.    Robot Industri 
http://blog.isolationtech.com/wp-content/uploads/2014/07/Isolation-Tech-Vibration-Mounts-July-2014tech-3_kuka_spotwelding_lrg.jpg
Industrial Robot atau Robot Industri adalah robot yang digunakan pada industri manufaktur pada umumnya. Robot jenis ini biasanya memiliki tugas tersendiri dalam suatu idustri seperti robot yang berperan dalam proses perangkaian, pengelasan, pengecatan, dan yang lainnya. 

2.    Robot Rumahan
http://www.robots-and-androids.com/images/IRobots-Roomba-Vacuuming-Robot.JPG
Household Robot atau robot rumahan adalah robot yang dibuat khusus untuk membantu manusia dalam mengerjakan pekerjaan di rumah. Robot tipe ini memiliki banyak jenis seperti robot vacuum cleaner, robot pembersih kolam renang, sweeper, robot pemasak, dan robot jenis lain dengan tugas berbeda.

3.    Robot Kesehatan
http://www.madlink.gr/wp-content/uploads/2015/01/Hospital-robots-32.jpg
Medical Robot adalah robot yang digunakan untuk membantu pekerjaan tenaga medis seprti dalam menjalankan operasi (surgery) dan penanganan medis jenis lain. Contoh robot jenis ini dalam dunia fiksi adalah Baymax dalam film Big Hero 6.


4.    Robot Militer
https://thenypost.files.wordpress.com/2015/04/air_force_drones.jpg?w=978&h=652&crop=1
Robot militer adalah robot yang digunakan dalam dunia militer. Robot jenis ini digunakan dalam kegiatan tempur, seperti dalam misi penyerangan, pertahanan, maupun penyelamatan. Contoh paling umum dari robot jenis ini adalah Drone Tempur. Sedangkan dalam dunia fiksi, robot tipe ini dengan sangat gamblang ditunjukkan dalam film Transformers.


5.    Robot Penghibur
http://www.rutgersprep.org/kendall/7thgrade/cycleB_2008_09/mn/biz2.jpg
Eitss… Jangan salah paham dulu dalam mengartikan nama robot ini. Robot Penghibur atau Entertainment Robot adalah robot yang digunakan dalam dunia hiburan. Contoh robot jenis ini adalah Robot Penyanyi, Penari, Atlet, dan yang lain.


6.    Robot Luar Angkasa
http://www.theoldrobots.org/images6/space11.JPG
Robot tipe ini adalah robot yang digunakan untuk membantu manusia dalam menjalankan proyek maupun misi luar angkasa. Robot jenis ini pada umumnya ditempatkan pada stasiun luar angkasa. Namun ada juga robot yang ditugaskan untuk menjelajahi planet planet di luar angkasa.

Apakah masih ada yang lain ? Tentu, masih banyak tipe robot yang ada di muka bumi ini. Semoga saja robot yang diciptakan dapat membantu manusia dalam menyelesaikan tugas sehari-hari dan bermanfaat bagi kehidupan orang banyak. 

Mari bersama kembangkan teknologi demi masa depan yang lebih baik !


Referensi;

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gula, Si Manis Sumber Masalah

Logam Terkuat di Muka Bumi

BUTUHKAH INDONESIA DENGAN PLTN ?